(Mahavira News) 5-6 Januari 2018

Potone Mahavira Buddhist Center.

Dalam rangka merayakan peresmian pembukaan Aula Mahakaruna maka pada tanggal 5 – 6 Januari 2018, mengundang pimpinan Wihara Longhua Shanghai, Ven. Zhao Cheng beserta rombongannya untuk memimpin Upacara Avatamsaka Ratna Kshamayati, upacara pemercikan air suci, dan juga Yogacara Ulka-mukha Dharma di malam hari.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.
Sutra Avatamsaka merupakan salah satu sutra Mahayana yang paling penting dan berpengaruh di dalam Buddhisme. Sutra Avatamsaka Kshamayati merupakan salah satu bab dalam sutra Avatamsaka itu sendiri, yaitu pada bab Dharma-dhatu. Pada bab ini diceritakan bahwa Sudhana kumāra ingin mempelajari Buddha Dharma untuk mendapatkan kebijaksanaan yang tertinggi maka datanglah pada 53 Bodhisattva untuk belajar, dan terakhir datang kepada Samanthabhadra Bodhisattva dimana Samanthabhadra Bodhisattva mengajarkan dirinya bahwa kebijaksanaan hanya akan timbul apabila kita mempraktekkan Dharma tersebut dalam tindakan nyata. Hal ini tidak saja berguna bagi diri kita sendiri tetapi juga memberikan manfaat yang positif bagi orang lain. Kemudian, Samanthabhadra Bodhisattva kembali melanjutkan dengan menjelaskan 10 Ikrar besar yang dapat membawa kita pada jalan menuju ke-Buddha-an, dimana 10 ikrar tersebut adalah dasar seorang Bodhisattva, yaitu melalui praktek dan bertekad menolong semua makhluk agar dapat bersama-sama mencapai ke-Buddha-an.
Sutra Avatamsaka Kshamayati menyanyikan dengan agung 42 Avatmasaka mātrkā (華嚴字母) dimana setiap mātrkā (字母) begitu unik, indah, namun memiliki kekuatan sakral yang begitu dalam. Satu dupa yang dinyalakan akan menyanyikan 6 Avatmasaka mātrkā sehingga perlu tujuh dupa untuk menyelesaikan 42 Avatmasaka mātrkā. Jika seseorang dapat terus dan terus secara konsisten melafal 42 Avatmasaka mātrkā ini maka akan mendapatkan berkah kebajikan yang tidak dapat dibayangkan dan juga dapat berjalan menuju pencerahan sempurna. 

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.
Pada tanggal 6 Januari siang hari, yaitu pada pratek ketiga, untuk membuat upacara ini semakin khidmat dan sakral, maka Ven. Zhao Cheng diundang untuk memberikan wejangan Dharma kepada para umat yang hadir dalam upacara tersebut. Ven. Rui Fa dan Ven. Xin Yuan juga ikut menemani Ven. Zhao Cheng dalam memberikan wejangan Dharma kala itu. 

Potone Mahavira Buddhist Center.
Setelah mendengarkan 42 Avatmasaka mātrkā tersebut, hati kita dipenuhi lagi dengan benih-benih ke-Buddha-an dan membuat kita semakin bahagia akan Dharma. Semuanya yang hadir merasa sangat terharu sekaligus berterima kasih kepada para anggota Sangha yang sudah memimpin upacara ini dengan sangat agung dan sakral.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Vihara Mahavira Graha Pusat. All Rights Reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?