(Mahavira News) 28 Januari 2018

Pada tanggal 28 Januari 2018, tepatnya penanggalan lunar pada bulan ke 12 dan hari ke 12, Pimpinan Wihara Mahanayaka Chaokun Hui Xiong diundang ke Amerika Serikat untuk memimpin upacara peringatan 12 tahun Nirvana Y.M. Bhiksuni Ming Zhan di Sheng Neng Temple.

Potone Mahavira Buddhist Center.
Pagi harinya, Yang Mulia Mahanayaka Chaokun Hui Xiong memimpin para anggota Sangha untuk memberikan penghormatan serta bernamaskara 88 Buddha Samadhi Kshamayati dan setelahnya, Mahanayaka Chaokun Hui Xiong memberikan bimbingan Dharma. Dalam pesan Dharmanya, Beliau mengatakan bahwa Y.M. Bhiksuni Ming Zhan semasa hidupnya sangat dikenal baik oleh para komunitas Buddhis di AS. Walaupun Y.M. Bhiksuni Ming Zhan sudah 12 tahun lamanya meninggalkan kita semua namun tetap dirindukan oleh komunitas agama dan para umat.
Mahanayaka Chaokun Hui Xiong menggambarkan Y.M. Bhiksuni Ming Zhan sebagai seorang sosok yang jujur, terbuka dan juga selalu menunjukkan rasa hormatnya kepada para Bhiksu ataupun Bhiksuni senior. Beliau dipuji atas kontribusinya yang begitu besar serta usahanya dalam komunitas agama, hal ini patut diteladani oleh generasi Sangha muda.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Pada kesempatan yang berharga ini, Y.M. Mahanayaka Chaokun Hui Xiong juga mengajarkan tata cara praktek ajaran Mahakalaya Dharma-mukha. Mahanayaka Chaokun Hui Xiong menyatakan bahwa Mahakalaya merupakan inkarnasi dari Tantric Avalokitesvara Bodhisattva. Untuk mempraktekkan ajaran ini seharusnya memiliki samyak-smrti (pan dangan yang benar) dan mengembangkan tekad Bodhicitta terlebih dahulu. Dengan konsisten melafal mantra serta memvisualisasikan semua makhluk, orangtua, keluarga, bahkan musuh bisa mendapatkan kebahagiaan maka kita sebenarnya sedang berlatih mengembangkan cinta kasih dan tekad Bodhicitta yang akan membawa kita menuju jalan mencapai ke-Buddha-an serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua makhluk. Jikalau kita bisa berbuat dan mempraktekkan secara konsisten maka inilah berkah yang luar biasa serta perlindungan dari Buddha Dharma kepada kita di tahun yang baru ini. Konsep hukum karma di dalam ajaran Buddha tidak ada hubungannya dengan para dewa. Kebahagiaan itu sendiri datangnya dari batin kita bukan dari luar. Maka melalui praktek Dharma yang konsisten dan keyakinan yang kuat, maka tahun yang baru pastinya akan menjadi tahun yang penuh berkah dan kesuksesan.

Potone Mahavira Buddhist Center.

Pada siang harinya, setelah Buddha Puja-vidhi dilanjutkan puja-vidhi untuk memperingati 12 tahun Nirvana Y.M. Bhiksuni Ming Zhan. Kita mengingat kembali Y.M. Bhiksuni Ming Zhan sebenarnya merupakan Bhiksuni Taiwan kemudian pindah ke AS lebih dari 30 tahun lamanya. Beliau sangat dikenal baik dan diakui oleh para Sangha senior di komunitas Buddhis Amerika dan juga para umat.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Vihara Mahavira Graha Pusat. All Rights Reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?