Kali ini, kita akan membawa Anda semua untuk menjelajah keunikan dan keindahan dalam budaya Buddhis di negeri ginseng, Korea. Vihara-vihara yang terdapat di Korea memiliki ciri khas tersendiri, yaitu viharanya terletak di tempat terpencil dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kekhasan ini membuat vihara korea identik dengan suasana alam yang sangat kental, tenang, dan damai. Hal ini menjadi salah satu nilai tersendiri bagi kita yang ingin mengunjungi vihara-vihara di Korea. Disamping itu semua, sejarah dan makna historis simbolik dibalik bangunan vihara itu berdiri juga merupakan hal yang perlu untuk dijelajahi sehingga menambah makna terdalam bagi kita yang mengunjungi vihara-vihara tersebut.

Di Korea Utara, di antara semua vihara yang unik, ada tiga vihara yang dikatakan seperti menyatu padahal tidak, yaitu Vihara Tiga Permata di KoreaTiga Permata melambangkan Buddha, Dharma, dan Sangha. Vihara Tongdosa melambangkan Buddha yang terletak di Provinsi Gyeongsang utara. Di tempat yang sama, juga berdiri Vihara Haeinsa yang melambangkan Dharma. Kemudian di Provinsi Jeolla utara, berdiri Vihara Songgwangsa yang melambangkan Sangha. Masing-masing dari ketiga vihara tersebut memiliki bangunan tersendiri yang menekankan pada masing-masing permata. Vihara Tongdosa memiliki Dharmasalla yang rupang Buddhanya mengandung relik Buddha, selain itu juga, menurut sejarah, Bhiksu Jajang yang mendirikan vihara membawa relik darah Buddha, tulang, gigi, relik kecil lainnya, berserta dengan jubah suci yang dibawa dari masa dinasti Tang di China untuk diabdikan di vihara ini sehingga orang-orang menyatakan vihara Tongdosa sebagai ikon vihara Buddhis di Korea.

Sedangkan, Vihara Haeinsa memiliki bangunan yang khusus untuk menyimpan Tripitaka-tripitaka dalam bahasa Korea. Tripitaka yang disimpan di vihara ini cukup unik sebab masih diukir di atas batu kayu.

Terakhir, Vihara Songgwangsa memiliki bangunan yang unik untuk mengenang para guru besar Zen dari Korea.

Ketiga vihara ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin berkunjung untuk lebih memaknai spiritual Buddhis dalam tradisi seni budaya Korea.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Vihara Mahavira Graha Pusat. All Rights Reserved.

Log in with your credentials

Forgot your details?